Penyebab tumbuhnya uban di Usia Muda

Uban yang muncul di usia yang relatif muda bisa menjadi mimpi buruk bagia setiap orang baik pria maupun wanita, pertumbuhan uban di usia remaja tentu bukan hal normal karena biasanya uban baru terlihat setelah menginjak usia 50 tahun ke atas.

Ada beberapa hal yang diyakini para ahli kesehatan sebagai penyebab tumbuhnya uban, jika anda tertarik untuk mencegah kemunculannya di usia muda maka perlu kiranya untuk menghindari beberapa hal yang ditengarai menjadi penyebab utamanya.

Di bawah ini merupakan 10 penyebab tumbuhnya uban di usia remaja seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya


 Kebiasaan merokok
Dalam rokok terdapat puluhan zat berbahaya bagi manusia, selain dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, rokok juga dapat menyebabkan tumbuhnya uban secara prematur.
Terlepas dari itu semua, alasan utama kita dianjurkan untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut adalah karena rokok dapat mendatangkan berbagai penyakit mematikan seperti penyakit kanker dan serangan jantung.

Kerusakan pada kelenjar tiroid
Kerusakan yang terjadi pada kelenjar tiroid menyebabkan produksi hormon tiroid terganggu, hal ini memicu pertumbuhan uban di usia muda. Kerusakan ini banyak terjadi pada kaum hawa.

Kerusakan kelenjar hipofisis
Kerusakan yang terjadi pada kelenjar tiroid umumnya disebabkan karena adanya masalah yang terjadi pada kelenjar hipofisis, secara tidak langsung gangguan ini mengakibatkan pertumbuhan uban secara tidak normal.

Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk biasa disebabkan karena metode diet yang salah, tidak mencukupi semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh pada ahirnya akan membuat anda rentan terhadap defisiensi yang meliputi rambut, gigi dan kulit.

Kekurangan vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 bukan saja dapat memicu pertumbuhan uban yang tidak normal, namun juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya seperti kepikunan di usia muda atau yang lebih dikenal dengan demensia.
Untuk menghindari hal tersebut tentu saja kita harus benar-benar memperhatikan asupan vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini bisa didapat dengan mengkonsumsi telur, tempe, daging sapi, udang, kerang, tiram dan lain sebagainya.

Stress
Stress atau depresi berkepanjangan dapat memicu pertumbuhan uban di suia muda. Bukan cuma itu saja, hormon kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh saat kita sedang stress dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Penggunaan produk pemutih gigi
Kandungan hidrogen peroksida yang terdapat pada produk pemutih gigi dapat meningkatkan kadar hidrogen peroksida dalam tubuh yang pada ahirnya mengganggu enzim yang berfungsi sebagai pewarna rambut alami.
Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait jika anda berencana menggunakan produk tertentu agar dapat terhindar dari efek negatif yang tidak kita inginkan. Kami lebih menganjurkan anda untuk mengikuti cara memutihkan gigi secara alami yang pernah kami tulis beberapa saat yang lalu.
Genetik
Tumbuhnya uban di suai dini bisa disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan. Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan jika faktor ini yang menjadi penyebab tumbuhnya uban.

Polusi
Lingkungan dengan tingkat kebersihan yang buruk bukan saja dapat berimbas pada kecantikan kulit, tapi juga akan mempengaruhi kesehatan rambut secara langsung.

Penggunaan produk perawatan rambut
Menggunakan produk perawatan rambut yang salah dapat memicul masalah uban pada remaja. Penggunaan produk-produk tersebut secara berlebihan pun dapat mengganggu ekosistim alami pada rambut.