4 Tanda Guru Yang Hebat

 

4 Tanda Guru Yang Hebat–Guru adalah pahlawan dalam dunia pendidikan, yang artinya guru adalah seseorang yang berjuang dalam mendidik, membimbing serta mengajarkan apapun yang baik. Dengan demikian sudah selayaknya kita harus menghormati semua guru.

Sebagai seorang guru sendiri tentunya ia ingin menjadi guru yang berkualitas sehingga mampu dan dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik melalui karakter baik yang ada di dalam diri guru itu sendiri.

Menilai kehebatan seorang guru bisa dilakukan melalui faktor internal dan eksternal. Secara internal, pendidikan guru yang mumpuni bisa menjadi acuan kapabilitas. Namun, output dari para siswa tentunya tidak bisa diabaikan. Prestasi dan moral luhur para siswa juga bisa menjadi ukuran keberhasilan seorang guru.

Lantas apa saja faktor yang menjadi ukuran kehebatan atau keberhasilan seorang guru? Dr Marvin Thompson, Kepala SMA John McDonogh di New Orleans, Amerika Serikat, memberikan bocorannya. Berikut empat tanda guru yang hebat seperti dikutip dari Huffington Post (19/2/2013).

1. Di kelas, para siswa berbicara lebih banyak ketimbang gurunya

Pada masa kini, proses belajar di kelas harus berbasis pertanyaan, bukan pengarahan dari guru. Guru yang baik akan memberikan ‘panggung’ kepada siswanya untuk menyelidiki, menanyakan, dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik. Sebuah tanda yang positif jika di kelas ada diskusi yang penuh makna dan mencakup semua siswa.

2. Sang guru berbagi ide dengan guru lainnya

Berbagi ide sebenarnya membantu guru mengasah keterampilan dan mendapat masukan mengenai praktik belajar terbaik dari guru lain. Sama seperti para dokter yang saling berkonsultasi mengenai pasiennya, para guru juga harus melakukan dialog satu sama lain.

3. Guru mengetahui inti dan tujuan dari kurikulum

Belajar bukan hanya tentang materi pelajaran yang diberikan kepada siswa. Namun bagaimana para siswa berhasil menguasai materi melalui proses pembelajaran. Anda bisa mengajarkan para siswa mengenai pertambahan dan pembagian, namun harus dipastikan mereka memahami keterampilan di balik pelajaran tersebut. Jika seorang siswa tidak dapat menemukan hubungan antara apa yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata, maka hal ini akan membatasi relevansi dari pelajaran tersebut, yang pada akhirnya mengurangi keinginan dan minat untuk terlibat.

4. Guru mengakui dan menghargai usaha para siswa, bahkan untuk hal-hal kecil

Jika para siswa melakukan hal yang positif, dan setiap anak tentunya mampu melakukan hal yang positif, kenali usaha mereka. Terkadang, para siswa membutuhkan sedikit dorongan. Seorang guru yang hebat akan fokus pada apa yang dilakukan siswanya, meski mereka hanya ingin pamer di kelas, karena Anda tidak pernah tahu ketakutan dari para siswa saat belajar. Anda tidak pernah tahu tantangan yang mereka hadapi di luar kelas. Karenanya, seorang guru yang hebat akan menunjukkan kepeduliannya kepada para siswa. Kadang-kadang, hanya sesederhana itu.

Itulah 4 Tanda Guru Yang Hebat yang layak untuk dijadikan acuan. Semoga bermanfaat.