Ini Dia Cara Menjaga Jantung Anda Agar Tetap Sehat

Sakit jantung adalah salah satu penyakit yang bisa memicu kematian seseorang. Pada beberapa kasus bahkan penyakit ini menyebabkan kematian mendadak penderitanya. Cara-cara simpel bisa dilakukan untuk menjaga jantung awet sehat.

Beberapa ini cara menjaga jantung agar tetap sehat, seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (15/9/2013):

1. Berenang

Berenang adalah salah satu cara terbaik melindungi kesehatan jantung. Berenang akan membuat jantung Anda merasa aktif. Ini adalah olahraga yang baik untuk mendapatkan denyut jantung lebih terjaga.

2. Memukul Kantung Pasir

Memukul kantung pasir atau samsak untuk melampiaskan frustasi dan kekesalan ditengarai juga bisa membantu mendapatkan jantung sehat.

3. Minum Teh

Minum teh bisa membantu menjaga jantung tetap sehat. Flavonoid yang terkandung dalam teh akan meningkatkan pembuluh darah dan kemampuannya untuk rileks. Dua cangkir teh dalam sehari baik untuk jantung.

4. Makan Cokelat

Dark chocolate mengandung kakao yang memiliki flavonoid yang berguna untuk mengencerkan darah dan menjaganya dari pembekuan.

5. Meditasi

Meditasi dapat menenangkan sistem saraf Anda sehingga akan membantu melindungi jantung Anda dari sejumlah penyakit seperti penyakit katup jantung dan penyakit jantung koroner.

6. Membaca Buku

Ketika membaca buku, pikiran Anda lebih tenang. Saat membaca buku misteri atau petualangan, bisa jadi jantung Anda akan berdetak lebih kencang. Hal ini ditengarai dapat melindungi jantung Anda dari perlambatan denyut.

7. Memancing

Melakukan sesuatu yang membantu menenangkan sistem saraf baik untuk jantung. Memancing, misalnya, adalah cara yang menyenangkan untuk bersantai.

8. Makan Berri

Menikmati semangkuk penuh buah berri baik untul melindungi jantung Anda dan menjaganya tetap sehat. Berri terdiri dari vitamin C, A dan D yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

9. Tertawa Keras

Tertawa keras adalah latihan yang baik untuk jantung. Membaca buku komedi, berbagai cerita lucu, dan selalu tersenyum akan membuat Anda sehat.

10. Berhenti Merokok

Merokok sudah lama diketahui tidak baik untuk kesehatan, termasuk tidak baik untuk kesehatan jantung. Jadi dengan berhenti merokok Anda telah mengambil satu langkah untuk hidup lebih sehat dan lebih panjang umur.

11. Kontrol Asupan Gula

Terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan jantung. Konsumsilah sedikit gula atau kalau bisa hindarilah makanan bergula.