Kandungan Susu Kambing Etawa

 16 September 2013 | 10:05  

Ketika di tanya soal hewan yang bernama “KAMBING” maka akan tertuju pada dagingnya yang lezat . Tetapi tidak hanya dagingnya yang bermanfaat tetapi susunya sangat bermanfaat sekali. Banyak masyarakat yang tidak mengerti tentang manfaat susu kambing khususnya etawa. Padahal di dalamnya banyak terkandung  kandungan yang sangat baik untuk manusia. Tetapi kebanyakan tidak mengetahui hal tersebut, karena kebanyakan orang tidak suka dengan hewan tersebut di karenakan baunya. Padahal jika mau memahami tentang apa saja yang dapat di manfaatkan dari hewan kambing, maka akan mengerti betapa pentingnya hewan tersebut. Salah satunya adalah susunya. Karena kandungan susu kambing banyak mengandung senyawa-senyawa yang baik jika di manfaatkan manusia.

Menurut hasil dari penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Setiap 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol. Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu juga berkhasiat bagi kesehatan manusia antara lain :

  1. Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung.
  2. Sebagai terapi penyembuhan penderita asma, TBC dan infeksi paru-paru akut menahun.
  3. Membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya.
  4. Menambah stamina dan daya tahan tubuh.
  5. Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa.
  6. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan neprotic sindrom.
  7. Berkhasiat sebagai terapi penyembuhan asam urat.
  8. Berkhasiat untuk pembentukan tulang, sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita reumatik dan mencegah kerapuhan tulang/ osteophorosis.
  9. Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.
  10. Membantu menghaluskan kulit karena sudah ada susu kambing etawa dalam bentuk sabun (Soap).

Banyak sekali yang  bisa kita dapatkan dari kandungan susu kambing etawa, jika kita mampu mengetahui secara detail tentang hewan yang bernama “KAMBING”.