Yang Perlu Anda Ketahui di Balik Segarnya Buah Kelapa

Lebih dari separuh penduduk dunia menyukai buah segar yang satu ini. Buah kelapa! Di Indonesia yang beriklim tropis, buah kelapa mudah sekali ditemukan. Bahkan di daerah pedesaan, setiap keluarga bisa memiliki lima hingga enam pohon kelapa di perkebunan mereka.

Buah kelapa yang sudah tua sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Sedangkan buah kelapa yang masih muda bisa dikonsumsi secara langsung dan kandungan airnya yang segar bisa digunakan sebagai pelepas dahaga.

Kandungan Buah Kelapa

Buah kelapa yang sudah tua memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Setiap 100 gram daging kelapa tua mengadung sekitar 350 kalori. Sedangkan untuk buah kelapa yang masih muda, kandungan kalorinya hanya 68 kalori per 100 gram daging buahnya.

Meski mengandung asam lemak jenuh, namun buah kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatis.

Asam lemak rantai sedang ini juga memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri dan juga anti-virus, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Kandungan dalam air Kelapa Muda

Selain memiliki rasa yang segar, air kelapa hijau juga kaya akan tanin (anti racun) yang paling tinggi di antara jenis kelapa yang lain. Air kelapa hijau mengandung zat kimia berupa enzim tertentu yang mampu mengurai sifat racun.

Komposisi nutrisi yang terkandung pada air kelapa hijau antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, dan hidrat arang. Sedangkan mineral penting yang terdapat pada air kelapa adalah zat besi, fosfor, kalsium atau potassium dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari air kelapa muda:

  1. Pengurai Racun
    Kandungan enzim bioaktif yang terdapat pada air kelapa hijau dapat digunakan sebagai bahan pengurai racun dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  2. Pengganti cairan Tubuh
    Jika Anda merasa haus di tengah perjalanan, sempatkan untuk beristirahat sejenak di warung yang menyediakan air kelapa muda. Air kelapa dapat dijadikan sebagai minuman alternatif untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Tentunya dengan kandungan nutrisi yang lebih baik daripada air mineral biasa.
  3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Air kelapa dapat mencegah peradangan dan keasaman pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung asam laurat yang dapat meredakan gangguan saluran pencernaan.
  4. Membantu Mengatasi Infeksi Saluran kemih
    Air kelapa dapat membantu membersihkan saluran kemih sekaligus melindunginya dari infeksi dan peradangan.
  5. Mengatasi Cacingan
    Minumlah air kelapa muda secara teratur 3x sehari ditambah 1 sendok teh minyak zaitun untuk membasmi cacing yang ada dalam usus Anda.

Mengendalikan Tekanan Darah
Air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan potassium. seperti kita ketahui bahwa potassium berguna membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan fungsi organ jantung.